Cara membuat video menjadi stabil saat merekam menggunakan handphone

Oke buat kalian yang ingin terjun ke dunia Filmakers tetapi kalian belum memiliki gear atau peralatan yang belum mendukung, jangan bersedih teman-teman karena bukan hal yang mustahil ketika temen-temen ingin membuat film hanya dengan menggunakan hp, smartphone dll.




Akan tetapi jika kita merekam video dengan menggunakan hp, sering kali kita mengalami kendala yaitu diantaranya, kualitas video yang sering goyang-goyang ( shake ), suara tidak jelas ( masuk dari segala arah ) dan masih banyak lagi.


Oke kali ini admin reparasi akan sedikit berbagi pengalaman mimin pada saat dahulu pas tugas sekolah untuk membuat sebuah film hanya dengan menggunakan hp android, akan tetapi untuk editing mimin tetep memakai pc / laptop untuk mendapat kualitas yang mimin inginkan.


Oke langsung aja ke inti pembahasan yaitu :

Cara membuat video menjadi stabil saat merekam menggunakan handphone

Cara membuat video menjadi stabil saat merekam dengan menggunakan handphone


Sebenarnya untuk beberapa smartphone sudah ada beberapa yang sudah menerapkan sistem anti shaking dalam beberapa aplikasi kamera bawaan hp tersebut, nah buat kalian yang hp nya tidak memiliki sistem atau fitur anti shaking, kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk mengantisipasi shake pada saat kalian merekam sebuah video.


Namun jika kalian menggunakan aplikasi luar ( Aplikasi hasil download ) biasanya untuk kualitas gambar ada sedikit penurunan, baik itu dari kualitas warna, noise dan masih banyak lagi, sebenarnya saya tidak merekomendasikan untuk kalian gunakan aplikasi tambahan untuk mengurangi goncangan saat merekam video.


Nah terus bagaimana dong cara untuk mengurangi goncangan pada saat ingin merekam sebuah video menggunakan HP atau Smartphone. Nah berikut list cara yang menurut saya sangat ampuh untuk mengurangi goncangan pada saat merekam video dengan menggunakan hp.


Cara merekam video menjadi stabil dengan menggunakan hp

1. Gunakan tripod


Gunakan tripod yang berat dan kokoh, kenapa ? Hal ini untuk menjaga-jaga supaya pada saat merekam video kita akan mendapat hasil yang bagus dan tidak banyak shake atau guncangan pada video yang kita shoot tentunya.



2. Gunakan Gimbal Stabilizer


Pernahkah kalian perhatikan kepala ayam ? Cara kerja gimbal ini sama seperti kepala ayam, yang dimana ketika kita bawa kemanapun, medan yang ekstrim sekalipun video kita akan sangat stabil. ini cocok banget buat kalian yang senang membuat cinematography.


Namun sayangnya untuk harga pembelian alat ini masih lumayan mahal, masih ada di sekitaran 1-2 Juta. Namun banyak juga beberapa orang yang mencoba membuatnya dengan barang-barang yang ala kadarnya dan kalian bisa melihatnya disini .




Nah sekarang bagaimana kalau kalian sudah merekam video nya dan videonya banyak guncangan atau adakah alternatif lain jika kita tidak memiliki alat-alat yang baru saya infokan di atas ? Tenang temen-temen masih ada cara lain kok, caranya yaitu di editing kalian bisa menambahkan anti shake.



Jika temen-temen memiliki pc/laptop mungkin bisa sangat mudah untuk menerapkan fitur anti shake atau anti goncangan pada video yang kalian punya, akan tetapi bagaimana kalau kita hanya memiliki smartphone saja ? 


Tenang temen-temen disini saya juga akan membahas bagaimana cara mengurangi goncangan pada saat editing video hanya dengan menggunakan HP atau smartphone, jadi langkah-langkahnya seperti ini temen-temen:




Google Photos

Caranya :
1. Masuk ke aplikasi google photos
2. Buka video yang ingin kamu stabilkan 
3. Pilih ikon pena
4. Pilih stabilkan dan tunggu rendering nya sampai selesai


Deshake APK

Kelebihan aplikasi ini kalian tidak perlu menunggu lama untuk proses renderingnya karena menurut saya aplikasi ini sangat memiliki kinerja yang sangat baik, Kalian bisa dapatkan secara gratis di Playstore atau di Appstore


Nah mungkin itu saja, jangan lupa baca juga : Cara menjadi youtuber sukses hanya modal hp, dan masih banyak lagi artikel menarik lainya disini .

Belum ada Komentar untuk "Cara membuat video menjadi stabil saat merekam menggunakan handphone "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

KOSONG

KOSONG

Kosong